Penting! Inilah 6 Rahasia Agar ASI Cepat Keluar Setelah Melahirkan

Penting! Inilah 6 Rahasia Agar ASI Cepat Keluar Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, tugas selanjutnya yang harus bunda lakukan adalah menyusui Si Kecil. Pada beberapa bunda, ASI akan segera keluar sesaat setelah melahirkan. Namun pada sebagian bunda, ASI hanya sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali. Tentu hal ini membuat bunda khawatir. Tapi jangan panik dulu ya bund. Pada umumnya, produksi ASI akan lancar setelah 2-3 hari setelah melahirkan. Oleh karena itu, bunda bisa melakukan beberapa tips agar ASI cepat keluar, berikut ini. Sebelum itu, yuk simak dulu penyebab ASI sulit keluar ya bund.

Penyebab ASI Sulit Keluar

Sebagai ibu baru, beberapa bunda mungkin merasa khawatir jika ASI-nya sedikit atau kurang. Padahal stress bisa jadi alasan utama produksi ASI yang rendah lho bund. Karena ketika bunda stress, hormon oksitosin ditubuh bunda akan menurun. Sedangkan hormon oksitosin sangatlah penting untuk memproduksi ASI. Maka dari itu, selama menyusui usahakan untuk bahagia dan hindari stress ya bund. Dengan begitu hormon oksitosin akan meningkat dan produksi ASI menjadi lancar.xc

Sudah menjadi keharusan untuk ibu hamil menjaga asupan nutrisinya selama kehamilan. Akan tetapi beberapa bunda mungkin kurang mengonsumsi makanan bergizi tinggi serta buah dan sayur-sayuran sehingga produksi ASI-nya sedikit. Karena produksi ASI juga sangat dipengaruhi makanan yang dikonsumsi bunda. Semakin baik nutrisinya, maka bunda dapat menghasilkan ASI yang deras dan berkualitas.

Tahukah bunda? Secara ilmiah, ASI sudah mulai diproduksi ketika masa kehamilan 6-8 bulan. Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin. Akan tetapi, hormon progesteron akan menekan kedua hormon tersebut hingga bunda melahirkan. Hal ini karena hormon oksitosin akan merangsang rahim untuk kontraksi. Setelah bunda melahirkan, hormon progesteron akan menurun dan hormon prolaktin dan oksitosin akan  meningkat untuk merangsang produksi ASI.

Beberapa ibu menyusui mulai menggunakan alat kontrasepsi setelah bayi lahir. Padahal banyak alat kontrasepsi yang beredar memiliki kandungan hormon estrogen yang tinggi. Hal ini membuat keseimbangan hormon bunda terganggu. Akhirnya membuat produksi ASI juga ikut terganggu. Oleh sebab itu, jika bunda sedang menyusui, sebaiknya hindari penggunaan alat kontrasepsi ini ya bund.

6 Rahasia Supaya ASI Cepat Keluar Pasca Melahirkan

Berikut ini beberapa cara yang bisa bunda lakukan agar ASI lancar dan cepat keluar setelah melahirkan.

1. IMD (Inisiasi Menyusui Dini)

Merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan ketika ibu baru saja melahirkan. IMD dilakukan sekitar 30 menit setelah melahirkan. Yaitu dengan cara meletakan bayi diatas tubuh ibu. IMD bermanfaat untuk merangsang produksi ASI cepat keluar secara alami. Hal ini karena bayi akan memberikan rangsangan pada payudara dengan hisapannya.

2. Bedding In (Satu tempat tidur)

Dilakukan dengan cara meletakkan bayi diranjang yang sama dengan ibu. Cara ini efektif untuk membuat ASI cepat keluar karena memudahkan bayi menyusu secara langsung.

3. Pijak laktasi dan oksitosin

Ibu yang baru melahirkan biasanya akan mengalami payudara bengkak karena terisi ASI. Meski demikian, bunda perlu memijat payudara agar aliran ASI menjadi lancar. Caranya adalah dengan memijat payudara dengan arah memutar dan menjauhi payudara.

Selain pijat pada payudara, bunda juga bisa melakukan pijat oksitosin. Yaitu pijat yang dilakukan pada punggung ibu menyusui dan dibantu oleh ayah. Dengan begitu, hormon oksitosin akan meningkat dan produksi ASI menjadi lancar.

4. Rutin menyusui

Seperti dijelaskan diartikel sebelumnya, prinsip produksi ASI adalah supply dan demand. Yakni semakin banyak ASI dikeluarkan atau dikosongkan, maka produksi ASI akan semakin meningkat. Maka dari itu, rajin-rajinlah menyusui Si Kecil ya bund.

5. Rileks

Melahirkan memang proses yang melelahkan dan kadang menimbulkan stress. Oleh karenanya dapat mempengaruhi proses produksi ASI bunda. Usahakan agar selama menyusui, bunda dalam kondisi yang rileks dan bahagia ya. Dengan begitu, tubuh akan melepas hormon oksitosin yang dapat membuat ASI cepat keluar.

6. Jaga asupan makanan

Cara terakhir agar ASI cepat keluar yaitu dengan memenuhi kebutuhan  nutrisi selama menyusui. Misalnya seperti kebutuhan kalori, protein, karbohidrat, kalsium serta zat gizi lainnya. Jika bunda khawatir tidak bisa memenuhi semua nutrisi diatas, bunda juga bisa mengonsumsi pelancar ASI seperti Lactamond. Karena Lactamond mengandung semua gizi penting yang bunda butuhkan untuk memproduksi ASI yang deras dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *