Tips Menyusui Si Kecil

Tips Menyusui Si Kecil

Menyusui bayi adalah hal yang cukup melelahkan bagi sebagian bunda yang baru saja melahirkan. Tidur larut malam, pola makan jadi tidak teratur hingga kurang memerhatikan penampilan. Jangan salah, ternyata bunda juga bisa tetap  tampil cantik saat sedang menyusui. Namun, bukan hal itu yang akan kita bahas, kali ini kita akan membahas mengenai tips menyusui bayi yang baru lahir.

Berbeda dengan tips menyusui setelah operasi Caesar, kali ini sifatnya lebih umum, diartikel ini kita juga akan membahas mengenai waktu menyusui bayi yang baru lahir, tanda bayi kelaparan serta tanda bayi kekurangan ASI. Selain itu, dukungan suami dibutuhkan saat menyusui untuk mendukung suksesnya kelancaran ASI.

Waktu Menyusui untuk Bayi yang baru Lahir

Bayi yang baru lahir perlu untuk diberi asupan makanan berupa ASI secara tepat waktu. Jangan biarkan bayi bunda kelaparan, karena hal ini dapat menyebabkan komplikasi pada Si Kecil. Lalu kapan waktu yang tepat untuk Si Kecil diberi makan?

  1. Minggu 1

Dalam sehari bunda harus memberi asupan Si Kecil setidaknya 10-12 kali dalam 24 jam. Biarkan Si Kecil menyusu hingga ia merasa kenyang. Jangan lupa untuk bangunkan Si Kecil setiap 2 jam di siang hari untuk memberinya ASI. Pada malam hari  juga berikan ASI agar tidur Si Kecil jauh lebih nyenyak.

  1. Minggu ke-2 hingga Minggu ke-6

Setelah usia Si Kecil menginjak minggu kedua, bunda mulai dapat membatasi makanan berupa ASI, sekitar 8 sampai 12 kali setiap harinya. Selain itu, berikan ASI selama Si Kecil membutuhkannya. Setiap sesi biasanya berlangsung selama 20 hingga 30 menit, bisa lebih lama lagi bergantung kebutuhan Si Kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *